SEJARAH MPEK MPEK

Pempek atau sering disebut empek empek alias mpek mpek menurut sejarahnya dikenal mulai abad ke-16 di daerah Palembang. Hasil ikan dari sungai Musi melimpah bahkan terkadang diabaikan saja. Melihat hal itu dan peduli dengan jumlah ikan yang melimpah, orang-orang peranakan Tionghoa yang tinggal di pinggiran Sungai Musi (Sering disebut orang ulu atau rakit. Istilah guyonannya kadang dipanggil orang Perancis =Peranakan Cina Seberang) mengolah ikan tadi dengan tepung terigu menjadi sebuah penganan yang selain untuk dimakan sendiri juga dijual keliling dengan cara bersepeda. Awalnya makanan ini belum punya nama. Namun karena yang jual laki-laki peranakan Tionghoa, disebut empek-empek (bahasa Indonesianya artinya Paman), sebutan untuk orang yang jual akhirnya menjadi nama makanannya. Jadilah nama makanannya Empek empek alias Mpek mpek alias Pempek.

Makanan mpek mpek ini dimakan bersama dengan kuahnya atau sausnya, kalau di Palembang disebut Cuko. Awalnya bahan baku ikannya adalah ikan Belido, karena awalnya ikan ini melimpah di Sungai Musi. Namun seiring waktu, peningkatan kebutuhan akan kuliner pempek ini yang tinggi, tidak terimbangi dengan jumlah ikan Belido, pempek pun dibuat dari ikan Tenggiri, ikan Gabus, pada umumnya, ada juga yang membuatnya dari ikan laut lainnya. Di PempekLenjer.com sendiri pempek dibuat dari ikan tenggiri dan ada spesial dari ikan Belido. Sekarang ini pempek sudah dikenal secara nasional dan bahkan menjadi oleh-oleh kuliner khas Palembang. Berbagai jenis pempek berdasarkan bentuknya seperti Pempek Kapal Selam, pempek adaan, pempek keriting, pempek kulit, pempek lenjer, pempek telor, pempek pistel, pempek tahu dan pempek sosis. Dan berita gembiranya, sekarang ini, Pempek Mania bisa menikmati pempek palembang enak mantebb khas Palembang Asli dari Palembang di PempekLenjer.com. Kami melayani antar kirim, makan di tempat, pesanan secara pribadi ataupun corporate. Kepuasan Rasa Pelanggan adalah Prioritas PempekLenjer.com

[alert_red]Sejarah PempekLenjer.com[/alert_red] :

PempekLenjer.com dimulai tahun 2008 menjual pempek secara online. Berawal dari hobby online, Anton, pemilik pempeklenjer.com memulai usaha jualan pempek palembang secara online. Sebelumnya Anton hanya menghabiskan kegiatan online dengan chatting dan browsing. Namun, kegiatan itu tidaklah menghasilkan uang bahkan menjadi pengeluaran tiap bulannya. Menyadari hal itu, akhirnya Anton ingin agar kegiatan onlinenya menjadi sebuah kegiatan yang menghasilkan pemasukan. Ia pun belajar membuat website dengan cara otodidak. Anton pun berpikir apa yang harus ia jual di PempekLenjer.com ini. Palembang terkenal dengan empek empeknya. Anton akhirnya memutuskan menjual pempek online di PempekLenjer.com ini di tahun 2008 bertepatan dengan pencanangan Visit Musi 2008 waktu itu. Ia juga membagikan berita-berita seputar kota Palembang di web PempekLenjer.com ini.

Sudah 4 tahun lebih bergelut dengan jualan pempek palembang online, mengirimkan pempek ke berbagai penjuru kota di seluruh Indonesia, Anton mendirikan toko pempek nyata di Palembang, yang berawal dari toko maya (online). Semua ini berkat kepercayaan dari para pembeli dan pelanggan empek empek. Terima kasih pada Pempek Mania atas kepercayaan yang diberikan untuk kami melayani.

Incoming search terms:

Palembang tempo dulu,sejarah palembang tempo dulu,Sejarah pempek,sejarah pempek palembang,sejarah empek-empek palembang,sejarah mpek mpek,sejarah makanan pempek palembang,sejarah makanan pempek,sejarah makanan khas pempek palembang,sejarah makanan khas palembang pempek,artikel tentang pempek palembang,sejarah empek empek palembang,sejarah empek empek,pempek sejarah,pembahasan empek empek,kota palembang tempo dulu,kenapa kota palembang disebut kota pempek,info pemilik toko pempek ellen,foto palembang tempo dulu,Sejarahpempek

Iklan
Ditulis dalam Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: