3 TEMPAT MAKAN MPEK MPEK TERKENAL DIJAKARTA

Posted by femela.com

Buat kamu penggemar pempek, pastinya kamu sudah harus tahu dong berbagai tempat pempek yang ada di pelosok Jakarta. Mulai dari kios pempek sederhana di pinggir jalan, hingga kedai pempek, semua menjanjikan cita rasa pempek yang memanjakan lidah. Pempek mana saja yang patut kamu coba?

pempek megarianPempek Megaria

Selain buat nonton bioskop, orang-orang menyambangi komplek Megaria yang terletak di Jalan Pangeran Diponegoro untuk menjajal pempek di sini. Berbagai macam pempek, tekwan, hingga menu olahan bandeng pun tersedia di sini. Tapi, tentu yang wajib kamu coba adalah pempek. Satu potong pempek dijual dengan harga Rp13.000,- untuk ukuran lumayan besar dengan rasa yang cukup enak. Kuah pempek di tempat ini tidak terlalu asam, mungkin buat kamu yang membayangkan kesegaran kuah pempek akan sedikit kecewa. Tapi, kamu bisa menambahkan sendiri cuka sesuai dengan tingkat keasaman yang kamu inginkan.

pempek megarianUntuk menu Sup Tek Wan di sini kurang terasa ikannya. Kalau kamu tidak asing dengan Sup Kimlo maka rasa Sup Tek Wan di Pempek Megaria tak ubahnya hanya semangkuk Sup Kimlo. Rasa ikan masih bisa terasa, namun tidak terlalu kentara dan bisa mudah hilang setelah menyantap bahan-bahan lain yang ada di dalam mangkuk sup.

Pempek Megaria persis berada bersebelahan dengan Bioskop Metropole. Dulu tempat ini sangat kecil dan sederhana. Kalau kamu ingin mencicipi pempek di sini harus rela menunggu giliran duduk, namun kini tempatnya sudah diperbesar dan diperbaiki sehingga bisa menampung pengunjung lebih banyak. Pempek Megaria ini juga membuka cabang di Jalan Matraman Raya No. 64, posisinya ada di arah jalan dari Kampung Melayu ke arah Salemba.

Pempek Pak Raden

Rasanya nggak ada yang nggak kenal dengan pempek yang satu ini. Pempek Pak Raden merupakan rumah makan pempek cabang Palembang. Di Jakarta dan kota lain, rumah makan Pempek Pak Raden ini mudah ditemukan di berbagai tempat, misalnya saja Pempek Pak Raden di Jalan Bendungan Hilir. Rumah makan ini cukup nyaman dan bersih dibandingkan dengan kedai pempek lain.

pak radenUntuk rasa, Pempek Pak Raden tidak jauh berbeda dari pempek yang lain, gurih, lembut, dan dengan rasa ikan yang cukup. Harga sebuah Pempek Kapal Selam dibanderol Rp13.000,- sedangkan untuk pempek lain yang berukuran kecil dijual seharga Rp4.500,-. Harga yang tidak terlalu mahal karena memang ada rasa yang ditawarkan oleh rumah makan ini. Tingkat kerenyahan kulit luar Pempek Pak Raden dan kekenyalan bagian dalam rasanya pas. Tidak terlalu banyak bahan campuran dan rasa ikan dalam pempek pun jelas terasa di lidah.  Untuk penutup, kamu bisa memesan Es Kacang Merah.

Pempek Garuda

Untuk sederet pempek yang ada di Jakarta, bisa dikatakan mungkin Pempek Garuda-lah yang nyaris sempurna, mulai dari rasa pempek, kuah, hingga menu Tek Wan yang ditawarkan. Pempek Garuda terdapat di Jalan Garuda, Kemayoran, tidak jauh dari rel kereta Stasiun Rajawali. Pempek ini buka mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam.

Untuk satu buah Kapal Selam dan Lenjer, dihargai Rp10.000,- lebih murah memang, tapi ukurannya tidak sebesar pempek di tempat lain. Namun, rasa gurih dan rasa ikan yang pas di setiap gigitannya membuat kamu lupa masalah ukuran pempek. Kuah pempek pun pas ukuran asam, pedas, dan manisnya. Menu Tek Wan di sini juga rasanya wajib kamu coba. Tek Wan yang ditawarkan memang cita rasa Tek Wan khas Palembang dengan rasa ikan yang juga kuat. Namun sayang, Tek Wan agak sedikit amis jadi mungkin buat kamu yang kurang suka dengan bau ikan, harus menikmati Tek Wan dengan makanan pendamping, seperti Kerupuk Kemplang misalnya. Tempat di sini cukup besar, tapi masalahnya apakah kamu akan cukup beruntung untuk masih bisa menikmati pempek di sini. Karena tidak jarang, walaupun kedai masih buka, stok pempek sudah habis.

Iklan
Ditulis dalam Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: